Sabtu, 14 Juni 2014

Galaxy S atau iPad Air..??


Saat meluncurkan salah satu tablet terbaiknya, Kamis kemarin, Samsung memang menaruh harapan besar di Galaxy Tab S untuk mengalahkan sang kompetitor dari Apple, iPad Air. Lalu, siapa yang pantas mendapat gelar sebagai tablet terbaik?
Layar adalah sektor pertama yang wajib untuk ditandingkan. Seperti yang kita tahu, Apple telah menggunakan layar Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel yang terlihat menawan untuk layar 9,7 inci. Ketajaman layar LCD IPS juga terjamin oleh kerapatan piksel sebesar 264ppi, Techradar (12/6).
Tampaknya, Samsung sedikit lebih unggul sebab Galaxy Tab S memakai layar Super AMOLED 10,5 inchi (terdapat versi mini 8,4 inci) dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Galaxy Tab S pun mempunyai kemampuan lebih untuk menyesuaikan warna, saturasi, dan ketajaman dengan lingkungan penggunanya.
Aspek yang tak kalah penting selanjutnya adalah prosesor yang menyokong kecepatan proses kedua tablet. Dengan prosesor 64-bit Apple A7 dual-core 1,3 GHz, performa iPad Air diperkirakan tak akan bisa mengalahkan kecepatan Galaxy Tab S dengan domplengan performa dari prosesorocta-core Exynos 2,3 GHz yang terdiri dari gabungan 2 prosesor quad-core 1,9 GHz dan 1,3 GHz.
Terdapat kemungkinan jika Galaxy Tab S akan mengusung prosesor octa-core Snapdragon 800 2,3 GHz sebagai ganti dari prosesor Exynos buatan Samsung tersebut.
Menariknya, meskipun tak secepat Galaxy Tab S, iPad Air dianggap lebih mampu memaksimalkan performa software-software yang dibenamkan padanya. Sedangkan prosesor kuat Samsung kelihatannya tak dimanfaatkan secara penuh oleh Galaxy Tab S.
Yang terakhir adalah segi desain yang diusung kedua tablet high-end tersebut. Meskipun Galaxy Tab S memiliki layar yang lebih superior dari iPad Air, tapi tablet Samsung yang mempunyai RAM 3GB tersebut masih belum mampu menandingi desain khas iPad Air yang elegan. Tapi jangan salah, Galaxy Tab S tak kalah manis dengan bodi minimalis setebal 6,5 mm saja. Bandingkan dengan iPad Air yang lebih 'gemuk' dengan ketebalan 7,5 mm.
Galaxy Tab S memang terlihat lebih unggul dari pada iPad Air, tapi apakah Samsung akan dengan mudah menjungkalkan dominasi Apple di pasar tablet yang pada kuartal awal tahun ini mampu menjual 16,4 juta tablet di seluruh dunia?
Dan menurut kalian..siapakah yang akan merajai pasar dunia....???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar